Berita Terbaru Otomotif – Setiap sepeda motor atau mobil pasti memiliki roda agar kendaraan dapat berjalan dengan lancar. Ban pada kendaraan memiliki fungsi yang vital, ban sebagai alas kaki, dan roda sebagai kaki kita. Ban kendaraan pada mobil dibedakan menjadi 4 jenis yaitu ban tubeless, ban bias, ban radial, dan ban RFT (Run Flat Tire). Jenis ban ini ada di sekitar kita, tetapi kita tidak dapat membedakannya, jadi kita tidak tahu jenis ban yang akan digunakan. Supaya sobat semua tidak salah memilih jenis ban, berikut kami telah membuat daftar dan penjelasan singkatnya.

Jangan Salah Pilih, Pastikan Gunakan Ban Sesuai Dengan Fungsinya

Ban Bias

Jenis ban mobil bias merupakan jenis yang paling banyak digunakan. Terbuat dari banyak lembaran kabel yang digunakan untuk rangka ban, ban jenis ini memiliki pusat panas yang terpusat. Ini karena ban akan terdorong ke depan dan ke belakang saat bersentuhan dengan jalan raya.

Comfort Tire

Ban yang nyaman adalah ban dengan karet tebal dan lekukan yang rapat. Sesuai dengan namanya, tujuan ban ini adalah untuk mengutamakan kenyamanan Anda saat mengendarai mobil Toyota. Di sisi lain, ban yang cenderung tebal juga bisa mempercepat aliran udara di atas permukaannya.

Ban Radial

Ban mobil radial jenis ini memiliki ciri yang mencolok yaitu adanya lapisan serat yang melintasi lingkar ban. Ban radial ini biasa digunakan untuk mobil penumpang dan truk ringan saja. Tidak digunakan untuk kendaraan berat seperti tronton karena tidak akan mampu menahan beban.

Performance Tire

Ban performa adalah salah satu jenis ban mobil yang digunakan untuk mengoptimalkan performa. Ban ini dirancang untuk menjaga kendali mobil tetap akurat. Ban jenis ini bahkan biasanya memiliki sedikit lekukan untuk balapan di trek aspal kering.

Spare Tire

Ban serep adalah ban serep atau serep. Berdasarkan ukurannya, ban serep ini terbagi menjadi dua, yaitu penghemat ruang sementara dan ukuran penuh. Jenis ban serep yang pertama merupakan ban khusus dengan pelek berbeda dan hanya diperbolehkan berlari pada kecepatan maksimal 50 km / jam. Sedangkan tipe kedua adalah ban dengan pelek yang sama dengan mobil standar.

Ban Tubeless

Anda pasti sudah sering mendengar yang namanya ban tubeless. Namun, apakah Anda sudah tahu maksudnya? Ban tubeless merupakan salah satu jenis ban yang banyak digunakan oleh mobil saat ini. Didesain khusus untuk menahan udara tanpa menggunakan ban dalam, tipe tubeless memiliki lapisan dalam untuk menghindari kebocoran udara. Lapisan dalam ini juga mampu mencegah ban langsung terjatuh saat tertusuk benda tajam.

Ban off-road

Dilihat dari namanya, pasti sudah tahu untuk apa digunakan ban off-road. Ya, ban mobil jenis ini biasa digunakan pada mobil yang kerap melibas medan non aspal. Jenis ban off road ada dua yaitu ban all terrain yang bisa digunakan di jalan off road dan jalan biasa, serta ban medan pegunungan untuk jalan berpasir dan berlumpur. Model ban gunung memiliki lekukan yang lebih menonjol dengan banyak celah cengkeraman daripada api segala medan.

Ban RFT

Run Flat Tire (RFT) adalah salah satu jenis ban mobil yang masih dapat digunakan walaupun dengan tekanan angin 0. Artinya RFT dapat berjalan dengan aman meskipun dalam kondisi datar atau tanpa angin. Tentu ini menjadi keunggulan tersendiri, karena ban konvensional lainnya akan robek jika kondisinya kempes namun perjalanan terus berlanjut. Anda bisa berkendara dengan kecepatan 80 km / jam dengan RFT tanpa angin.

Eco Tire

Terakhir, ada ban ramah lingkungan yang diproduksi untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Ban jenis ini didesain memiliki lapisan silika agar cengkeraman lebih baik di jalan raya. Lapisan silika tersebut mampu membuat tahanan gelinding berkurang sehingga tidak membutuhkan banyak bahan bakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *