Berita Terbaru Otomotif – Jenis motor matic memang menjadi pilihan populer untuk para masyarakat indonesia terutama yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Hal inilah yang membuat banyak pabrikan belomba-lomba berinovasi dengan motor andalannya untuk merebut hati para konsumen. Apalagi sekarang didukung dengan teknologi injeksi yang semakin membuat motor menjadi irit dan gesit. Namun fakta dilapangan masih banyak orang yang kurang mengerti bagaimana cara merawat motor matic secara baik dan benar. Oleh karena itu disini kami akan memeberikan informasi tentang cara merawat motor matic agar tetap awet.

Rahasia Merawat Motor Matic Agar Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak

Panaskan Motor di Pagi Hari Sebelum di Pakai

Pemanasan motor merupakan salah satu cara perawatannya dengan cara memanaskan mesin agar oli pada mesin siap melumasi mesin sehingga performa mesin lebih maksimal. Cara yang baik dalam memanaskan sepeda motor matik adalah dengan memanaskan sepeda motor kurang lebih 5 menit hingga 10 menit dan sebaiknya hanya menggunakan kick starter jika menggunakan electric starter tentunya akan lebih mengurangi masa pakai baterai dari motor tersebut.

Ganti Oli Secara Teratur

Perawatan motor matik ini tergolong hal yang paling penting, untuk itu perawatan dilakukan sesuai dengan jadwal penggantian oli yang biasanya dilakukan setiap 1000 km dan untuk penggantian oli transmisi motor (oli gardan) maksimal pada saat motor mengalami perubahan. mencapai 5000 km. Jika anda lupa referensi kilometer untuk ganti oli, sebaiknya lakukan perawatan rutin ini setiap 2 hingga 3 bulan sekali dan jangan lupa juga gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi motor matic anda.

Hindari Menggunakan Kendaraan Sampai Bensin Habis

Dalam perawatan dan perawatan motor matic, kebiasaan buruk yang sering terjadi adalah motor matic hingga kehabisan bensin. Jangan sampai motor matic berhenti karena bensinnya habis karena bisa merusak mesin motor. Apalagi pada motor matic injeksi. Untuk itu usahakan selalu bikin motor matic jangan sampai muncul indikator E di spidometernya dan biasakan motor yang berisi bahan bakar penuh untuk mengantisipasi hal tersebut.

Periksa Kondisi Vanbelt dan Roller

Pentingnya pengecekan kondisi vanbelt menjadi hal yang tidak boleh ditinggalkan oleh para pemilik sepeda motor matic. Kondisi vanbelt yang berbahan karet dikhawatirkan akan pecah di tengah jalan yang menyebabkan sepeda motor berhenti dan tidak bisa berlari lagi. Kalau harus ganti vanbelt sebaiknya pakai sparepart original biar motor matic lebih aman karena pasti lebih awet.

Pengecekan AKI Secara Berkala

Tidak mudah untuk mengetahui kondisi aki pada motor matic, sehingga mayoritas pengguna motor matic pernah mengalami AKI mati. Jika hal ini terjadi tentunya anda akan kehilangan tenaga dari motor selain itu lampu juga akan berkurang, dan hal yang paling mengganggu jika aki motor matik mati adalah saat anda menghidupkan motor harus menggunakan kick starter yang membuat kita merasa lebih berenergi. Oleh karena itu, pengguna disarankan untuk mengganti AKI dalam waktu 7 – 8 bulan setelah penggantian terakhir.

Servis Secara Rutin

Perawatan pada servis rutin sepeda motor matic biasanya meliputi penggantian oli, pembersihan karburator dan setting motor. Disarankan agar service di bengkel resmi honda menanyakan tentang aki apakah masih layak pakai vanbelt dan roler apakah perlu diganti, dari beberapa hal tersebut tentunya akan lebih baik jika menggunakan sparepart dengan Yang orisinil Lakukan servis rutin kurang lebih setiap 3 bulan sekali untuk menjaga performa motor matic anda.

Gunakan Bahan Bakar Yang Berkualitas

Tips dan Cara Merawat Motor Matic yang terakhir memang gampang-gampang susah. Pasalnya, tak jarang ada orang yang menjual bensin campuran. oleh karena itu kita perlu berhati-hati. Kualitas bensin sangat mempengaruhi kualitas mesin motor anda, untuk itu sebaiknya isi bensin motor anda di tempat yang tepat dan dikelola oleh pemerintah (pom) atau tempat-tempat penjual bensin terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *